Selasa, 10 Juli 2012

Syubhat Dakwah: "Anda jangan merasa benar sendiri"


Bismillahir-rohmanir-rohim

Ikhwah fillah,
Ketika kita mencoba untuk berdakwah ke masyarakat, seringkali masyarakat melontarkan ungkapan dengan tujuan menolak atau menghindar dari apa yang kita sampaikan, seperti ungkapan: “anda jangan merasa benar sendiri”. 

Apabila kita baru mengetahui kalimat ini, kebanyakan kita mungkin akan sedikit down atau terjebak dengan keinginan lawan bicara kita, sehingga kita membalas dengan jawaban yang kurang tepat atau menguntungkan pihak mereka yang menolak dakwah kita.

Ikhwah fillah, mungkin kali ini saya akan berikan satu jawaban dari ungkapan itu,
Jadi katakan saja pada mereka bahwa: Setiap orang berhak merasa benar dengan apa yang dilakukan atau diucapkannya. Seperti Para pezina merasa benar dengan apa yang dilakukannya, penjudi merasa benar dengan apa yang dilakukannya, pelaku kesesatan pun merasa benar dengan apa yang dilakukannya, dan semua orang sperti itu. Coba saja kita larang mereka dari kemaksiatan dan kesesatan yang dilakukannya, pasti kebanyakan mereka marah, tidak terima dengan berbagai lontaran kata-kata atau perbuatan, bahkan lawan bicara kita pun tanpa dia sadari merasa benar dengan pemikiran atau anggapannya sendiri. Ya begitulah karena mereka merasa benar dengan apa yang dilakukannya bahkan yakin itu yang terbaik bagi mereka.

Selanjutnya tegaskan pada mereka, siapapun berhak merasa benar dengan apa yang dilakukannya hanya saja perhatikan standar kebenarannya: apakah bersandar pada hawa nafsu, bersandar pada kebodohan atau bersandar pada AlQuran dan Sunnah? Jika mereka yang bersandar pada hawa nafsu dan kebodohan saja merasa benar dan menyebarkan kebatilan yang mereka lakukan. Maka kita yang bersandar pada AlQuran dan Assunnah harus lebih merasa yakin dengan mantap terhadap apa yang kita sampaikan dan jangan mau kalah. Sebagaimana firman Alloh: “Kebenaran itu datangnya dari Robbmu, karena itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu”. QS. 2: 147.

Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat. Jika ada hal yang kurang tepat mohon diperbaiki. Dan kepada Alloh jua-lah kita memohon pertolongan atas segala syubhat yang beredar disekitar kita.

Tidak ada komentar: